Kelas Tukang
Pekerjaan
Konstruksi termasuk salah satu pekarjaan yang rumit, karena pekerjaan ini
secara prakteknya memiliki banyak alur seperti Kas, belanja, kontrol absensi
pekerja, akomodasi dan material sehingga menuntut para pemborong terus
melakukan cek setiap saat.
Nah,
pada postingan ini ZIS Masjid Assalaam mencoba membuat aplikasi manajemen sederhana untuk pekerjaan konstruksi kelas tukang dengan bantuan excel yang dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah, khusunya terkait keuangan, material serta pencapaian taget, melakukan kontrol jumlah pekerja, absen, laporan per minggu, per bulan, pertahun hingga
laporan penuh suatu pekerjaan, yang dalam aplikasi ini cukup menggunalan 4 fungsi excel yaitu: SUMIFS,
MAXA, COUNTIFS DAN VLOOKUP dengan sedikit tambahan
makro (bisa dilihat paling bawah postingan ini).
Memuat data unik.
Agar
data terintegrasi dengan baik, sebaiknya dibuat daftar data unik
sebagai data acuan yang bersifat konstan/tetap dan tidak berubah yang digunakan untuk menghubungkan berbagai
data tabel melalui jendela query maupun melalui logikaExcel.
Minggu ke untuk setiap
input data.
Walaupun excel memiliki
fungsi mengembalikan tanggal ke minggu, tetapi data yang dihasilkan
menghitungnya dalam setahun sesuai penanggalan. Hal ini menjjadi kendala
tersendiri saat para pemborng melakukan pembayaran gaji hanya dilakukan per
hari tertentu misalnya hari kamis, jika menggunakan system excel maka
kemungkinan ada dua transaksaksi ketika minggu tersebut jatuh diantara dua
bulan. Maka untuk mengatasinya cara paling sederhana dengan menginputnya,
sesuai mingguan yang anda terapkan, misalnya per hari jumat, hari kamis, atau
per hari sabtu, cara ini akan lebih fleksibel.
Sumber data asli berupa
nota faktur dll.
Agar
memudahkan setiap terjadi masalah input data, berilah nomor untuk setiap nota
maupun catatan lainnya.
Pengelompokan data akhir.
Hasil akhir dari
aplikasi ini diharapkan dapat melihat seluruh aktifitas yang terjadi khusunya arus
kas dan keuangan lainnya.
Dalam
aplikasi pengendalian keuangan pekerjaan borongan dan konstruksi yang
saya buat memuat beberapa tabel:
1.
Tabel
pekerja.
Tabel
ini berfungsi mengumpulkan seluruh karyawan dengan jumlah tak terhingga, dari
berbagai jenis pekerjaan yang anda miliki, bahkan anda bisa menyimpan daftar
nama-nama pekerja tersebut selamanya.berikut tabel daftar pekerja.
2. Tabel Nama Pekerjaan.
Tabel
ini berfungsi mengumpulkan seluruh pekerjaan yang dilaksanakan yang anda miliki
atau yang sedang anda anda kerjakan, sehingga anda dapat mengumpulkan seluruh
pekerjaan hanya dalam satu file Excel saja, misalnya: anda memiliki 2 pekerjaan
perbaikan jalan, gedung atau renovasi bangunan lainnya.
3. Tabel Jurnal
Tabel jurnal
merupakan tabel yang digunakan untuk mencatat seluruh transaksi yang terjadi,
seperti arus kas, belanja, kasbon pekerja, pengeluaran upah dan lainnya yang
dapat disesuaikan menurut kebutuhan anda. Sebenarnya pencatan serta pengelolaan
data cukup dilakaukan dalam jurnal, tetapi agar lebih mudah saat kontrol saya
memisahkan di beberapa tabel, yaitu tabel kas, tabel absen, tabel gajian. Yang
ketiga tabel ini akan menyusun secara sistematis terhadap laporan berikutnya.
Jika anda ingin malakukannya dengan satu sumber jurnal, cukup menambahkan
dilaporan berikutnya.
Keterangan gambar
Dalam aplikasi ini anda melakukan input setiap transaksi yang terjadi
dan dikelompokan menurut data unik di tabel transaksi
seperti apakah transkasi masuk kategori kas, utang, piutang atau lainnya. Anda
bisa menentukan sendiri penaaannya yang sekiranya mudah dipahami diri anda.untk
kontrol data anda bisa menambahkan satu kolom data error dengan menabahkan
fungsi =VLOOKUP([@[nama proyek]],Tabel11[[NAMA PROYEK]:[TANGGAL MULAI ]],2)&",
"&TEXT([@tgl],"[$-421]dd mmmm yyyy").
4.
Tabel
absen
Tabel
absen digunakan untuk mengumpulkan sejumlah informasi kehadiran pekerja dan
mengelompokkannya sebagai bagian arus keuangan utama.
Kolom NAMA
PROYEK sampai dengan kehadiran merupakan
tabel input stiap setiap pekerja, sementara kolom berikutnya merupakan kolom
yang ditambahkan yang berguna mengontrol jika terasa ada kejanggalan seperti
nilai gaji dan jabatan yang dimungkinkan salah input di tabel nama pekerja.
Untuk kolom jabatan
dan gaji pokok anda bisa menggunakan fungsi =VLOOKUP([@nama],Tabel5[[nama]:[mulai
kerja]],3) dan untuk kolom gaji pokoknya cukup mengganti angka 3
dengan angka 4 di fungsi kolom jabatan.
Kolom kontrol data, merupakan kolom pengingat error jika terjadi data ganda dengan
input yang sama, untuk fungsinya anda bisa menggunakan =[@nama]&", "&VLOOKUP([@[NAMA PROYEK]],Tabel11[[NAMA PROYEK]:[TANGGAL MULAI ]],2)&"
"&IF(WEEKDAY([@tanggal],16)=7,"jatuh di hari libur",("
"&TEXT([@tanggal],"dd-mm-yyyy"))&", minggu
ke"&" "&[@[mg ke]])
5. Tabel Kasbon
Tabel
yang digunakan untukengumpulkan sejumlah informasi pinjaman para pekerja
sebelum waktu pembayaran upah tercapai. Dalam pembuatan tabel ini anda juga
bisa disatukan dalam tabel absen, untuk aplikasi ini saya buat secara terpisah
untuk lebih memudahkan control.
6. Tabel pengolah data
Semua tabel input memiliki fungsi penting terhadap beberapa tabel
selanjutnya, yang merupakan tabel kunsi pengolahan data yang dperlukan seperti
saat akan melakukan pembayaran gaji, membuat laporan mingguan, bulanan, tahunan
bahkan laporan setelah selesai pekerjaan.
Tabel gaji
Saat akan melakukan pembayaran gaji, maka anda cukp melihat tabel
gajian dengan menginput nama-nama pekerja, secara otomatis data absen, jumlah
pinjaman pekerja terekam dalam tabel ini, sehingga anda cukup melihanya berapa
sisa yang harus dibayar setiap orang pekerja.
Keterangan
gambar
Anda hanya perlu
menginput tiga data unik yang terdiri dari nma pekerjaan nama pekerja dan gaji
yang akan dibayar dengan melihat hasil yang ditampilkan aplikasi dalam kolom
sisa.
Sementara kolom
total yang harus dibayar merupakan hasil otomatisasi system terhadap transaksi
yang terjadi yang diperoleh dari tabel absen, untuk fungsinya anda bisa
menggunakan fungsi =SUMIFS(Tabel4[total (axb)],Tabel4[NAMA
PROYEK],[@[Nama proyek]],Tabel4[nama],[@nama],Tabel4[mg ke],[@[minggu ke]]).
Untuk kolom kasbonnya diperoleh dari tabel kasbon melalui fungsi =SUMIFS(Tabel9[jumlah
kasbon],Tabel9[Nama proyek],[Nama proyek],Tabel9[nama],[@nama],Tabel9[minggu
ke],[@[minggu ke]]).
tabel balance
tabel ini berfungsi
untuk mengetahui seluruh jumlah trasaksi yang terjadi setiap bulannya. Anda
bisa membuatnya seperti tabel berikut:
Fungsi yang
dierlukan:
Kolom Nama proyek
dan bulan di input.
Kolom jumlah kas
menggunakan fungsi: =SUMIFS(Tabel2[jumlah kas],Tabel2[NAMA
PROYEK],[nama proyek],Tabel2[kontrol],"*"&[tgl
laporan]&"*")
Kolom jumlah gaji
dibayar setelah dipoton jumlah kasbon, fungsi yang digunakan: =SUMIFS(Tabel13[sisa gaji dibayar (a)],Tabel13[Nama
proyek],[nama proyek],Tabel13[kontrol error],"*"&[tgl
laporan]&"*")
Kolom gaji belum
terbayar, jika terjadi pembayaran gaji tergantung dan belum terbayarkan, bisa
menggunakan fungsi: =SUMIFS(Tabel13[sisa
(b-c)],Tabel13[Nama
proyek],[nama proyek],Tabel13[kontrol error],"*"&[tgl
laporan]&"*")
Kolom kasbon
dibaayar, anda bisa melihat berapa jumlah pinjaman pekerja setiap bulannya
sehingga dapat menaksir kebutuhan kas tersedia setiap harinya untuk setiap
bulan, dalam kolom ini menggunakan fungsi =SUMIFS(Tabel9[jumlah
kasbon],Tabel9[Nama proyek],[nama proyek],Tabel9[kontrol
error],"*"&[tgl laporan]&"*")
Dan sisanya merupakan data dari tabel jurnal untuk fungsnya : =SUMIFS(Tabel3[jumlah],Tabel3[nama
proyek],[nama proyek],Tabel3[jenis],Tabel12[[#Headers],[Material]],Tabel3[kontrol
data ganda dan error],"*"&[tgl laporan]&"*") perhatikan kata Tabel12[[#Headers],[Material]] merupakn judul
kolom yang namanya disamakan dengan nama jenis yang ada di kolom jurnal, jadi
jika ingin menambahkan atau mengubah jenis transaksi anda cukup menambahkan
kolom berikutnya atau mengubahnya, sesuai nama jenis transaksi.
3. Tabel balance tahunan
Prinsipnya
sama dengan tabel laporan bulanan, anda akan melihat tansaksi setiap tahun.
6.
Tabel
absen angkutan
Tabel
ini bisa ditambahkan sebagai salah bagian aplikasi yang memuat daftar kendaraan
maupaun angkutan lainnya yang biasanya memiliki rutinitas tersendiri, seperti:
angkutan pasir, urugan, kayu, batako, semen dan lainnya. Hal ini penting untukengontrol
volume bahan tertentu.
Link aplikasi Aplikasi pengaturan keuangan dan borongan excel
Link aplikasi Aplikasi pengaturan keuangan dan borongan excel
Penggunaan 4 fungsi excel untuk aplikasi keuangan konstruksi
- Fungsi SUMIF
- Fungsi SUMIFS
SUMIFS,
berfungsi untuk menjumlahkan dengan beberapa kriteria sebagai syarat condisionalnya..
- Fungsi COUNTIFS
Fungsi
countifs digunakan untuk menghitung jumlah data berupa angka dalam sebuah field
dengan beberapa kriteria.
- Fungsi MAXA, fungsi MAXA digumnakan untuk menghitun nilai maksimal sebuah bialangan atau angka dal sebuah field atau tabel dengan beberapa kriteria.
Makro excel untuk inisialisasi kalimat
Umumnya inisialisasi
digunakan agar kalimat yan panjang menjadi lebih sederhana sehingga mudah di
ingat, nah dalam excel selain dengan fungsi logika bisa juga digunakan dengan
menggunakan modul yang berisi makro dengan fungsi sbb:
Option Explicit
Function Singkatan(S As String)
Dim Ar, i As Integer
Ar = Split(Trim(S), " ")
For i = 0 To UBound(Ar)
Singkatan = Singkatan &
UCase(Left(Ar(i), 1))
Next
End Function [1]
[1] Sumber
xl mania
Komentar