Langsung ke konten utama

Hikmah Dari Istigfar

Orang berdoa, langit pagi matahari pagi

1. Istigfar merupakan salah sarana yang diberikan Allah untuk umat manusia yang hendak menuju serta kembali kepadanya, yang dengan penuh rasa khauf yaitu rasa ketakutan akan di tinggalkan dan meninggalkan Allah. Rasa khauf seorang mukmin seharusnya lahir dari ketulusan dan keimanan sehingga menerima segenap apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah. Yang dengan keimanan itu mereka selalu dibayangi ketakutan akan tertolaknya amal-amalnya. Ssebagaimana dijelaskan dalam kitab ayyahuma ‘adlom, “istigfarnya manusia kepada tuhannya merupakan dalil terhadap kekuatan imannya, yang melahirkan rasa khauf yang besar terhadap allah swt. Dalam hal ini istigfarnya seorang manusia bukan berdasarkan dosa, namun istigfar dalam tingkatan ini merupakan refleksi dari rasa keimanan yang tinggi sebagaimana istigfarnya rasulullah saw.”  [1]

إن استغفار الإنسان ربه إنما هو دليل الإيمان القوى به والخشية الشديدة منه والرجاء الكبير فيه سبحانه، وليس شرطا حينئذ أن يكون قد اجترح إثما، بل يمكن جدا أن يكون، كما فى حالة الرسول محمد عليه أفضل الصلوات وأزكى التسليمات

2.  Istigfar adalah bagian dari sendi akidah Islam, yang secara lisan mengucapkan astagfirullah, atau sejenisnya, namun secara hakiki menghadirkan serta kembalinya qalbu dan fikiran kepada Allah swt. Yang dengan itu melahirkan sifat roja dan khauf.

Khauf merupakan timbulnya rasa takut kepada Allah, rasa takut yang terlahir dari keimanan, mahabbah sehingga jiwa takut ditinggalkan Allah, atau meninggalkan Allah swt.

Sementara, roja adalah harapan untuk senantiasa kembali kepada Allah serta meneguk setetes keimanan dari setiap perjumpaan yang dapat menghapus dahaganya jiwa.

3. Istigfar merupakan sarana turunnya syafaat, baik syafaat dunya terlebih syafaat akhirat, sebagaimana dijelaskan bahwasanya orang-orang yang mendapat ridla serta ijin allah mereka akan mampu memberikan syafaat/ pertolongan terhadap orang lain,

Sebagaimana dikisahkan bagaimana nabi Ibrahim memohon pengampunan untuk ayahnya, nabi Nuh memohon pengampunan untuk anaknya, dan nabi Muhammad saw memohon pengampunan untuk pamannya, namun itu semua Allah tolak dengan pernyataan yang tegas, bahwa memohonkan ampunan untuk orang-orang tersebut tidaklah diterima.

Dengan kata lain, pemohon dan termohon merupakan orang-orang yang memiliki nilai akidah yang sama, tauhid yang mendalam serta mereka senantiasa menerima apa yang telah disyariatkan kepadanya, mereka menerima walaupun kadang belum mampu menjalankannya.

Maka, dengan istigfar sesungguhnya mukmin ditunjukan jalan untuk mampu menjadi penolong orang-orang yang dikehendakinya dan dikehendaki Allah, artinya orang-orang yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan Allah, seperti: mereka bukan pelaku kesyirikan[2] serta bukan orang yang dicap sebagai orang yang keluar dari agama oleh Allah swt (murtad) baik disadari ataupun tidak.


الشفاعة يوم القيامة ليست خاصة بالنبي ? ولا بالأنبياء؛ بل تَشفع الملائكة ويَشفع المؤمنون بدرجاتهم: (العلماء والشهداء والصالحون يشفعون)؛ كما ثبت في الصحيح أنَّ الله ? يقول يوم القيامة "شفعت الملائكة وشفع النبيون وشفع المؤمنون، ولم يبق إلا رحمة أرحم الراحمين فيأمر الله ? بأقوام في النار لم يعلموا خيرا قط أن يخرجوا"  إلى آخر الحديث؛ يعني أنَّ الشفاعة ليست خاصة بالأنبياء بل الملائكة تشفع كما قال ? في وصف الملائكة من حملة العرش وغيرهم ?وَيَسْتَغْفِرُونَ لِمَنْ فِي الْأَرْضِ?[الشورى:5]، وهذا استغفار قبل معاينة المصير والعذاب، وهم أرحم ومُتَوَلِّيْنَ لأهل الإيمان إذا رأوا العذاب ورأوا المصير.

قال "شفعت الملائكة وشفع النبيون وشفع المؤمنون" فإذاً الشفاعة عامة فكل مؤمن صالح يشفع؛ يشفع في قريبه، يشفع في من شاء.

Adapun syirik adalah segala bentuk meniadakan Allah atau meyakini ada kekuatan atau sesembahan selain Allah.

Sementara riddah(murtad) meerupakan segala bentuk yang dapat mengeluarkan seorang muslim dari keIslamannya, baik sengaja ataupun tidak sengaja, melaui ‘itiqad, bersitan hati, fikiran, tulisan, ucapan ataupun amal(perbuatan). Yang mungkin dihadapan manusia kita dipandang sebagai seorang muslim, namun bobot nilai keIslamannya nol besar dihadapan Allah swt.

Maka kehati-hatian serta kewaspadaan dalam menerima setiap informasi serta menyaringnya dengan landasan-landasan akidah Islam merupkan kebijaksanaan dalam beragama, dengan menolak secara  tegas bentuk-bentuk yang dapat menjerumuskan ke musyrikan dan kemurtadan, atasnama apapun, termasuk toleransi, Karena toleransi dalam beragama dalam Islam bukanlah menghanyutkan diri kedalam ranah-ranah akidah.

Kita berlindung dari kedua sifat tadi, semoga kita dibingbing untuk mampu memahami dan menjuhi hal-hal yang menyebabkan kemusyrikan dan kemurtadan.

Dengan selalu beristigfar, serta menghadirkan hati kepada allah merupakan bagian dari unsur pembentukan akida, serta keimanan, yang dengan itu yang timbulny ras keimanan dan meyakini adanya syafaat, janji allah , surga, neraka, siksa kubur, barzah, kiamat, dan hisab.

Yang kesemua gambaran-gambaran kehidupan akhirat Allah menggambarkan bagaimana manusia berjalan, ada yang seimbbang kejelekan dan kebaikannya, ada yang berat kebaikannya, dll. Gambaran ini allah lukiskan sebagai rasa rahman Rahim allah bahwasanya jangan lah manusia terkecoh dengan kehidupan dunia,

Yang dengan sifat rahmannya Allah mengatur segala yang ada di langit dan di bumi, di darat dan di lautan, serta semua yang meliputi alam ini. Yang dengan sifat rahmanNya Allah memberikan mata dengan ruh penglihatannya, yang dengan sifat rahmannya Allah memberikan telinga dengan ruh pendengarannya, yang dengan sifat rahmannya Allah memberikan otak dengan fikirnya, hati dengan qalbunya. Kesemuanya Allah atur menjadi kesatuan jasmani dan ruhani syariat dan hakikat, sebagai bentuk keseimbangan ‘alam dengan itu allah berfirman Wafii anfusikum afalaa tubshiruun. Artinya:“dan dalam diri kalian terdapat tanda-tanda kekuasaan allah apakah kalian tidak memperhatikan?”

             4.  Istigfar sarana turunnya rizki, rizki dunia maupun rizki akherat sesungguhnya hal yang diharapkan setiap manusia, karena sifat pengharapan merupakan bagian dari fitrah manusia, manusia hakikatnya makhluk yang secara insting selalu berharap.

Liquid gigi palsu, logo lazada asal laku saja

 



[1] Ibrahim  ‘audl, ayyuhuma ‘adlom, j1. hlm. 52.

إ[2] Abu Ja’far bin Muhammad bin salamah al-azdy al-thahawy, “syarh al-‘aqidah al-thahawiyah”. J.1 hlm.52. Lihat syamilah alisdar tsani.

 

 

 

 

Komentar

postingan populer

contoh surat penawaran borongan pekerjaan sederhana

           Biasanya para owner, dalam berbagai tingkatan menginginkan pekerjaan yang akan dikerjakan orang lain dilakukan secara optimal, maksimal, dengan mempertimbangkan biaya.            Tentunya hal ini dibutuhkan suatu analisa pemborong/tukang terhadap jenis pekerjaan yang akan dilakukan. dan analisa-analisa tersebuit agar dapat dimengerti oleh owner, maka hasil analisa dijabarkan dalam bentuk tertulis dan disusun secara rapi dan sesederhana mungkin.             Berikut contoh surat penawaran pekerjaan jasa borongan dari tukang/pemborong ke owner: Kuningan 23 November 2013 ..../yyt-borong/XI/2013 : No Foto lokasi : Lamp Pengajuan borongan pekerjaan renovasi gedung ........................ : Perihal Kepada yth Kepala Bagian Pengelola Gedung ........ di .......................... Dengan hormat Dari i

Daftar Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi untuk Borongan

Berikut Update Daftar Harga satuan pekerjaan Untuk Konstruksi April, 2020 sebelum 2018. Sebagai acuan dan perbandingan harga satuan suatu pekerjaan per satuan volume. C ara menggunakan tabel ini adalah: 1. tentukan jenis pekerjaan yang akan dihitung pada kolom uraian. 2. hitung volume pekerjaan pada lapangan. 3. masukan nilai biaya dari tabel dibawah. C ontoh Deskripsi Pekerjaan: Memasang dan mengerjakan seng Penghalang Lokasi Proyek A. Nama Pekerjaan : PEKERJAAN PERSIAPAN 1. Item                     :Pagar Seng gelombang tinggi 2m. 2. Luas Pekerjaan Lapangan : 30 m 3. Nilai Harga Pekerjaan : 30mx 646,430.00 Rp/m = 19,392,900.00  DAFTAR HARGA SATUAN PEKERJAAN Untuk Melihat standar Harga dasar bahan dan Upah Cek Daftar Harga Bahan Dan tukanga Update I. PEKERJAAN PERSIAPAN NO SATUAN BIAYA   (Rp.) 1 Pagar sementara seng gelombang 2 m 1 M1 120,000.00 2 Pagar kawat B

MEMBUAT APLIKASI JADWAL KHATIB SEPANJANG MASSA DENGAN MICROSOFT OFFICE EXCEL

Membuat Aplikasi Jadwal Khatib Sepanjang Massa Biasanya pembuatan jadwal khatib dilakukan setiap beberapa period waktu, seperti: per 3 bulan atau per 6 bulan. Namun, walaupun demikian pembuatan suatu aplikasi yang berbasis perangkat lunak yang dapat menunjang pekerjaan ini semestinya dilakukan, hal ini mengingat segala kegiatan yang berada dilingkungan masjid akan menjadi sumber pertimbangan manajemen masjid. sumber-sumber yang terkait dengan pelaksanaan shalat jumat yang dilakukan sepanjang masa, setiap minggunya tentunya harus di atur sedemikian rupa terkait datanya, sehingga manajemen memiliki
Copyright © 2017 ZIS ASSALAAM KUNINGAN | Cerpen Blogger |